Struktur Skema Ponsel



struktur ponsel
  1. Hardware atau perangkat keras adalah semua komponen ponsel secara fisik
  2. Software atau perangkat lunak adalah system ponsel yang berupa program dan data yang tersimpan dalam komponen ponsel dan yang tertampil pada layar LCD.
kedua komponen ini saling berkaitan satu dengan yang lain,Hardware pada ponsel tidak akan berfungsi bila tidak ada software begitu pula sebaliknya.

A.Struktur Dasar Hardware Handphone

    Pada dasarnya struktur dasar pada handphone semanya sama yaitu terdiri atas:
  1. Baseband : Baseband merupakan pusat dasar pengaturan utama pada handphone yang memiliki unit power supply kelistrikan sebagai sumber daya listrik handphone.
  2. User Interface : Bagian perantara handphone terhadap panca indera manusia di sebut komponen input output,yaitu LED,LCD,SPEAKER,VIBRATOR,KEYPAD,dan Microphone.fitur tambahan user interface terkini yaitu kamera video call,Televisi,Bluetoth,Finger print,sensor proximity yang semakin populer di masa kini.
  3. Frekuensi Radio (Rf) : Wilayah Frekwensi Radio merupakan ujung penghantar identitas pengguna yang berfungsi mengolah sinyal informasi data dan sinyal pembawa untuk di pancarkan melalui antena.Blok dasar area ini terdiri dari system pemancar Tx dan penerima Rx yang memiliki system akses pengaturan frekwensi yang berbeda beda.
Perangkat ini terdiri dari:
  1. Komponen Tenaga : Baterai,IC power,IC Charging,transistor,regulator
  2. Komponen penyimpan Data : IC Flash,IC ram,MMC
  3. Komponen pengatur/Pengolah : IC CPU,IC Audio,IC RF
  4. Komponen siyal : VCO,Crystal 26 Mhz,PA,Switch Antena
  5. Komponen input : Keypad,Plugin,Mic
  6. Komponen Output : LCD,Speaker,Buzzer.

B.Software Terdiri Dari
  1. MCU
    Berisi data program system utama untuk menghidupkan ponsel,apabila data MCU mengalami kerusakan ponsel akan menyala lalu mati (Restart),Hang(Berhenti Beroprasi) atau mati sama sekali.

  2. PPM
    Berisi data program menu seperti bahasa,profil,pengaturan dan lainya yang semuanya tertampil pada layar LCD,apabila data PPM rusak maka ponsel akan mengalami kerusakan seperti hang (berhenti beroprasi) atau pada layar LCD hanya tampil sebagian menu atau tidak ada tampilan sama sekali(Blank)

  3. CONTENT
    Berisi data galeri seperti gambar,nada dering dan game,apaila terjadi kerusakan akan terjadi hilangnya atau seluruh data  galeri ini,pada beberapa merkatau type ponsel data konten di satukan dengan data PPM.

  4. PM (Permanen Memory)
    Berisi data kode informasi produk,kode pengunci operator,pengunci kartu sim,dan data pengaturan ponsel yang berbeda pada setiap ponsel,apabila terjadi kerusakan akan membuat ponsel hilang sinyal,pada layar LCD tertera kartu sim di tolak,sim not valid,phone restricted dan lain-lain.
    Software ponsel jga dinamakan firmware,tidak semua ponsel menggunakan 4 file terpisah seperti di atas,hanya sebagian besar ponsel Nokia (DCT4) yang menguraikany,ada ponsel yang hanya menggunakan 1 File saja,selebihnya terdiri dari 2 atau 3 file saja.
    Semua data Firmware  ini hanya dapat di isi melalui komputer menggunakan alat servis handphone kecuali konten karena dapat di isi dan di tambah juga melalui ponsel lain atau dari media lain seperti internet,yang dapat di akses pengguna ponsel hanya pada bagian PPM dan konten kecuali pada ponsel yang menggunakan system operasi seperti symbian,windows; pengguna dapat mengakses hingga data MCU dan PM langsung melalui ponsel tanpa perangkat komputer.



Komentar