Pengukuran Komponen Ponsel Dengan Multitester


Pada Multitester Kabel Merah adalah kabel Positif (+) dan kabel Hitam adalah Negatif (-)
Pada Multitester Kabel Merah adalah kabel Positif (+) dan kabel Hitam adalah Negatif (-)


1.     Jarum Petunjuk Skala Meter

2.     Penyetelan Jarum Petunjuk Meter

3.     Saklar Pemilih Untuk Pengukuran

4.     Daftar Skala Meter

5.     Zero setting atau ohm adjuster bagian yang dipergunakan untuk menyetel jarum penunjuk agar menunjukan angka pada posisi 0 Nol.



A.Microphone (Mic)

Microphone











Fungsi Microphone sebagai pengeras suara /media pengukuran dengan indikator X10 ohm,jarum akan bergerak naik 20-50 ohm jika mic dalam kondisi ok,kabel merah dan kabel hitam tidak boleh terbalik,caranya lakukan uji coba kabel merah pada konektor pertama jika tidak naik maka letakan pada kabel merah pada konektor kedua,jarum pada multitester harus naik,jika ujicoba dilakukan keduanya jarum pada multitester tidak naik maka mic rusak.


B.Speaker

Speaker Ponsel

Fungsinya Speaker yaitu Mengubah getaran listrik menjadi getaran suara
Cara mengukurnya dengan multitester Pengukuran X1 ohm jarum akan bergerak naik 20-50 dan biasanya akan terdengar suara gemerisik jika sepeaker dalam kondisi Ok.di ukur bolak balik.


C.Buzzer

Buzzer Ponsel
Fungsi Buzzer sebagai penghasil dering dan speaker phone pada ponsel,Pengukuran indikator X1 ohm jarum naik,kabel merah dan kabel hitam Bolak balik, biasanya terdengar bunyi bergemerisik,menandakan bahwa buzzer dalam kondisi Ok.

 

          D.Vibrator

Vibrator Ponsel

Berfungsi sebagai penghasil getar pada ponsel, pengukran dengan indikator X1 ohm,jarum bergerak naik dan vibrator bergetar itu menandakan vibrator dalam kondisi ok,kabel merah dan kabel hitam boleh bolak balik.jika melakukan pengukuran ini vibrator harus bergetar jika tidak,maka vibrator rusak dan harus di ganti.

 

          E.Switch

Switch Ponsel

Fungsinya sebagai saklar untuk pemutus dan penghubung arus,menghidupkan dan mematikan ponsel.

pengukuran pada switch on/off -Switch dengan dua kaki
Pengukuran X1 ohm,switch di tekan jarum naik, switch di lepas jarum kembali ke 0 nol. kabel hitam dan merah boleh bolak balik jika di tekan tidak bereaksi menandakan switch Rusak.

Switch Dengan 4 kaki
dua kaki di atas adalah negatif dan dua kaki di bawah adalah positif,bisa juga terbalik dua kaki di atas positif dan dua kaki di bawah negatif. Pengukuran X1Ohm,switch di tekan jarum aik,switch di lepas jarum kembali 0 nol,jika switch di tekan jarum tidak bereaksi maka switch Rusak.


          F.Konektor Charger

Konektor Charger Ponsel
Plug in fungsinya sebagai konektor charging guna menghubungkan antara charger dan PCB ponsel.
Pengukuran pada plug in,jika pada plug in jarum multimeter tidak naik maka plug in rusak dan harus di ganti bisa juga di ukur pada charger nya.

 

 

 

 

Komentar