Alat Alat Servis Ponsel


  1. Solder Uap (Blower)
    Suatu alat yang wajib di miliki oleh seorang teknisi Hp. Alat ini juga sering di sebut solder uap katrena memiliki Heater (panas) dan udara yang dapat kita atur panas tekanan udaranya.fungsinya adalah untuk mencairkan timah atau untuk mencabut dan emasang komponen dan lain lain.
  2. DC Power Supply
    Sumber tegangan yang voltagenya bisa kita ukur sesuai dengan kebutuhan ponsel,alat ini juga sering di gunakan untuk mengecek kondisi ponsel masih hidup atau tidak.fungsinya untuk menganalisa tegangan Volt(V) dan Ampere(A) atau yang disebut dengan analisa power supply.untuk mengecek kerusakan pada ponsel.
  3. Solder Station / Manual Solder
    Solder Station Fungsinya Untuk mematri atau memasang komponen ponsel kelebihan dari solder station ini yaitu tingkat suhu panas nya dapat kita atur.
    adapun solder manual memiliki kekurangan yaitu tingkat suhu panas nya tidak dapat kita atur tapi fungsinya sama dengan solder station.
  4. Multitester/avo meter
    Alat ini sangat penting di miliki oleh seorang teknisi ponsel karena banyak memiliki banyak manfaat untuk mengetahui masih bagus atau tidaknya komponen yang terdapat di dalam ponsel untuk mutitester ini terdapat 2(dua)jenis analog dan digital tapi fungsinya sama hanya saja untuk analog hasil pengecekan dapat di lihat secara manual yang di tunjukan oleh jarum akan tetapi untuk digital hasil pengecekan di tunjukan oleh angka yang tertera pada display atau layar multitester.
    adapun fungsinya yang lain adalah:
    -Untuk mengukur komponen
    -Untuk mengecek hubungan antar komponen (jalur)
    -Untuk mengecek Batery


  5. Penjepit PCB(Printed Circuit Board)
    Suatu alat yang sering digunakan oleh teknisi untuk menjepit PCB ponsel agar tidak bergerak pada saat angkat,cetak,pasang komponen,dan lainya

  6. Timah Pasta
    IC yang sering di cabut akan menyebabkan kaki IC (Integrated Circuit) menjadi pendek/hilang,maka perlu membuat kaki IC yang sering di sebut dengan tekhnik pengecoran kaki IC selain itu berfungsi untuk mencetak ulang kaki IC.

  7. Solder Paste (Lotffet)
    Terkadang yang sering kita pakai akan meninggalkan kotoran/bekas timah yang mengakibatkan solder tidak panas.maka mata solder perlu dibersihkan dengan solder paste atau yang biasa di sebut siongka.

  8. Cairan IPA (Iso Propanol Alkohol)/Tiner/Minyak kayu putih)
    Cairan ini sering di gunakan oleh teknisi untuk membersihkan PCB ponsel atau bisa juga untuk membersihkan sisa sisa timah solder atau bisa juga untuk membersihkan korosi yang diakibatkan ponsel bekas tekena air.

  9. Lampu Servis
    Lampu ini digunakan pada saat reparasi ponsel pada malam hari atau memberikan cahaya agar komponen yang terlihat kecil menjadi jelas untuk lampu yang sering digunakn pada masa kini sudah terdapat kaca pembesar agar memudahkan melihat komponen yang kecil kecil.

  10. Kawat Jumper
    Kawat ini digunakan untuk menghubungkan jalur yang putus (Jumper) atau lebih di kenal dengan sebutan Jumper.

  11. Tools Kit
    Sperangkat Obeng yang digunakan untuk membuka casing ponsel terdiri dari :
    • Obeng Lengkap
    • Tang Potong (digunakan untuk keperluan memotong benda keras seperti baud yang kepanjangan,plat penutup komponen dan bisa juga di gunakan untuk membuka baut yang rusak atau korosi)
    • Pinset Lurus dan Bengkong (Berfungsi untuk menjepit  komponen)
    • Pick (digunakan untuk membantu membuka atau mencongkel casing ponsel,terutama casing casing ponsel yang mempunyai system knock flip agar tidak sulit di buka dengan tangan).




  12. Timah Gulung
    Timah yang digunakan untuk mematri komponen berukuran kecil yang terdapat pada PCB ponsel timah gulung ada berbagai ukuran diameter umumnya untuk servis ponsel menggunakan timah berukuran diameter 0,3.
  13. Plat BGA (Plat Ball Grid Array/Bola Bola Timah)
    Alat ini di gunakan untuk mencetak ulang kaki IC yang sudah tidak rata atau sudah rusak
  14. Pinset
    ada dua jenis pinset yang di gunakan oleh teknisi ponsel yaitu pinset lengkung dan lurus,Berfungsi : untuk menjepit komponen pada saat hendak di lepas/dipatri.
  15. Sikat Gigi
    Yap Betul Sikat Gigi kali ini di gunakan bukan untuk menyikat gigi akan tetapi sikat gigi juga berfungsi untuk membersihkan kotoran atau karat yang menempel pada PCB ponsel,kalau saya pribadi biasanya menggunakan sikat gigi merk formula karna sikat nya halus tidak kasar sehingga saat digunakan membersihkan kotoran tidak akan mengakibatkan rusaknya komponen kecil yang lainya.


  16. Gunting
    Gunting ini berfungsi untuk memotong,seperti kawat jumper,lakban,dan lain sebagainya.

  17. Lakban Kertas dan Lakban Anti Panas
    Fungsi lakban ini sebagai pelindung panas apabila kita mau memanaskan (memblower) IC atau komponen-komponen,bisa juga untuk membersihkan kotoran debu pada LCD.

  18. Box Tool
    Box yang di gunakan Untuk meyimpan alat alat teknisi agar tersusun Rapih.

  19. Goot Wick (Pembersih Timah)
    Alat ini digunakan untuk membersihkan timah,biasanya digunakan pada waktu membersihkan timah yang ada di PCB dan IC pada waktu hendak memasang IC atau membersihkan sisa sisa timah bekas penyopotan komponen dari PCB.

Komentar